Tips Alami Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sering dianggap sebagai salah satu penyebab dari timbulnya suatu penyakit mematikan seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini dapat terjadi apabila kadar kolesterol dalam darah semakin meningkat yang kemudian disebut dengan Hiperkolesterolemia.

Kolesterol merupakan salah satu bentuk dari senyawa lemak yang berbentuk seperti lilin yang berwarna kekuningan, secara umum kolesterol banyak diproduksi oleh organ hati, dan sisanya dihasilkan dari metabolisme tubuh yang berasal dari jenis makanan yang setiap hari dikonsumsi. Penyakit kolesterol tidak secara langsung menyerang dan memperburuk keadaan seorang penderita kolesterol, namun lambat laun kolesterol akan menunjukkan gejalanya, untuk itu segerakan melakukan penanganan terhadap kolesterol agar kadar kolesterol tidak semakin meningkat.

Menurut Ahmad J. Ramadan, beliau menuturkan bahwa kolesterol dapat dikendalikan dengan mengatur pola hidup yang dimulai dari pola makan, gaya hidup, istirrahat yang cukup, olahraga rutin dan menjauhi kebiasaan buruk. Berikut ini cara untuk mengendalikan kolesterol, yakni :

1. Mengetahui kadar kolesterol

Biasanya dokter menyarankan agar kolesterol total seseorang kurang dari 200 mg/dl, dengan kadar LDL kurang dari 130 mg/dl, dan HDL lebih dari 40 mg/dl.

2. Menjaga keseimbangan berat badan

Mengurangi berat badan yang berlebih merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian juga menunjukkaan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Mengurangi sekitar 2,5-4,5 kg berat badan diduga dapat memperbaiki kadar kolesterol.

3. Aktivitas fisik rutin

Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolahraga rutin. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL.

4. Berkenalan dengan lemak baik

Jika telah didiagnosis memiliki kadar kolesterol tinggi, biasanya kita disarankan agar menurunkan konsumsi lemak. Sebaliknya, kita mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti selai kacang, alpukat, minyak zaitun, kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah serta meningkatkan HDL.

5. Mengkonsumsi vitamin

Sekalipun telah mengkonsumsi makanan yang sehat, tetap saja kemungkinana tubuh kita kekurangan unsur tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen makanan agar bisa mencukupi kebutuhan dasar nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen makanan agar bisa mencukupi kebutuhan dasar nutrisi, serta menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, pilih multivitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 karena ketiganya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Tradisional Kolesterol and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Tips Alami Menurunkan Kolesterol

  1. kirana says:

    sangat sangat trimaksh infonya. alhamdulillah sangat berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>